Kunjungi bca.co.id

Kenali Fasilitas API BCA 

 

Fasilitas API BCA 

API BCA adalah layanan dari BCA untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan transaksi perbankan, seperti cek saldo, cek mutasi, transfer, dan lainnya dari platform (situs/aplikasi) kamu. 

BCA menyediakan layanan fasilitas API BCA yang dapat dipilih dan dimanfaatkan oleh Penerima Fasilitas setelah Penerima Fasilitas memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BCA. Persyaratan yang ditetapkan oleh BCA tersebut dapat bervariasi tergantung pada fitur yang dipilih oleh Penerima Fasilitas. . 

Fitur Utama 

  1. Akses layanan transaksi perbankan secara online dan real time
  2. Proses integrasi dengan platform (situs/aplikasi) milik penerima fasilitas yang mudah dilakukan. 
  3. Telah mengikuti Standar Nasional Open Application Programming Interface (API) Pembayaran SNAP yang diatur oleh Bank Indonesia. 
  4. Daftar fitur layanan API BCA yang tersedia merujuk pada informasi pada halaman website https://developer.bca.co.id/id/Fitur-API.  

Manfaat 

  1. Penerima Fasilitas dapat mengintegrasikan platform yang dimiliki dengan sistem perbankan BCA, sehingga memudahkan Penerima Fasilitas untuk melakukan transaksi perbankan secara online dan real time secara langsung.
  2. Mudah untuk diintegrasikan karena API BCA telah mengikuti Standar SNAP yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia 

Risiko

  1. Kemungkinan terjadinya gangguan pada jaringan komunikasi/sistem API BCA yang dapat menyebabkan transaksi perbankan melalui API tidak dapat dilakukan. 
  2. Penyalahgunaan API BCA milik Penerima Fasilitas akibat kebocoran sarana transaksi (security key API) dan data transaksi yang disebabkan oleh kelalaian dari Penerima Fasilitas. Oleh sebab itu, Penerima Fasilitas perlu memastikan sarana transaksi (security key API) dan data transaksi selalu tersimpan dengan baik. 
  3. Penerima Fasilitas akan dikenakan biaya minimum API BCA bila utilisasi API BCA di bawah minimum utilisasi API yang telah disepakati. 

Biaya dan Simulasi Perhitungan 

Biaya

  1. Biaya API dikenakan berdasarkan frekuensi transaksi yang dilakukan (hit).
  2. Informasi lebih lanjut terkait biaya API BCA, silakan hubungi api_support@bca.co.id atau Halo BCA Bisnis di 1500998 

Simulasi

Biaya per Transaksi Jumlah Transaksi Biaya yang dikenakan per Bulan
Contoh biaya transaksi sebesar Rp 300,- per transaksi dan minimum biaya API yang dikenakan Rp 500.000,- 100 Rp500.000,-
(dikenakan minimum biaya API)
10.000 Rp3.000.000,-
(dikenakan biaya transaksi dikali jumlah transaksi karena sudah melebihi minimum biaya API)

Simulasi ini hanya sebagai alat bantu perhitungan dan tidak merujuk pada biaya API yang akan dikenakan pada Penerima Fasilitas 

Perlu Diketahui 

Informasi Tambahan

  1. BCA berhak untuk mengubah manfaat, biaya, risiko, serta syarat dan ketentuan produk dan/atau layanan ini yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan/atau melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku. 
  2. BCA akan menginformasikan segala perubahan atas manfaat, biaya, risiko, syarat dan ketentuan Produk dan/atau Layanan ini melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 
  3. Penerima Fasilitas dapat menggunakan fitur Customer Testing pada Website Developer API BCA untuk melakukan pengujian fungsionalitas secara mandiri atas layanan/sublayanan fasilitas API BCA yang diajukan permintaannya oleh Penerima Fasilitas kepada BCA. 
  4. Untuk keamanan bertransaksi, Penerima Fasilitas perlu memastikan sarana transaksi (security key API) dan data transaksi senantiasa tersimpan dengan baik. 
  5. Untuk melakukan penutupan Fasilitas API BCA, Penerima Fasilitas dapat mengajukan permohonan penutupan melalui PIC Unit Bisnis dan mengisi Form Penutupan Fasilitas API. 
  6. Informasi lain mengenai API BCA dapat diakses melalui website resmi developer.bca.co.id. 

Syarat dan Ketentuan

Pelajari Syarat dan Ketentuan produk/layanan Fasilitas API melalui link di bawah 

Download Ketentuan Fasilitas API BCA dalam bahasa Indonesia

Download Ketentuan Fasilitas API BCA dalam bahasa Inggris

Download Ketentuan Fasilitas API BCA dalam bahasa Mandarin

Panduan Penggunaan API BCA 

Ketahui cara penggunaan API BCA melalui link di bawah 

 Download PDF

Disclaimer (Penting untuk Dibaca) 

  1. Penerima Fasilitas telah membaca dan memahami produk dan/atau layanan sesuai Ringkasan Informasi Produk dan Layanan.
  2. Penerima Fasilitas wajib membaca, memahami, dan menyetujui aplikasi pengajuan rekening produk dan/atau layanan.
  3. Penerima Fasilitas harus membaca dengan teliti Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini sebelum menyetujui pembukaan produk dan/atau layanan dan berhak bertanya kepada pegawai Bank atau melakukan panggilan ke Halo BCA di 1500998 atas semua hal maupun pengaduan terkait Ringkasan Informasi Produk dan Layanan.
  4. Informasi yang tercakup dalam Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini berlaku sejak tanggal cetak dokumen.  
  5. Ringkasan ini hanya merupakan sarana informasi produk dan/atau layanan bagi calon Penerima Fasilitas /Penerima Fasilitas yang tidak dimaksudkan sebagai penawaran resmi atas suatu produk dan/atau layanan. 
  6. BCA berhak menolak permohonan produk dan/atau layanan Penerima Fasilitas apabila tidak memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku.  

Ringkasan ini telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. 

 

Dapatkan Layanan 

Persyaratan dan Tata Cara 

  1. Calon Penerima Fasilitas merupakan Penerima Fasilitas dengan kategori Individu Bisnis atau Badan Usaha/Organisasi. 
  2. Tidak bergerak dalam bidang usaha yang melanggar norma hukum serta kesusilaan. 
  3. Melakukan pengajuan fasilitas API melalui developer.bca.co.id 
  4. Untuk dapat menggunakan fasilitas API BCA, calon Penerima Fasilitas wajib: 
    1. Melakukan pengajuan kerjasama API melalui salah satu dari sarana pengajuan berikut:  
      1. Secara online dengan mengakses https://webform.bca.co.id/api/registrasi-api
      2. Pengajuan melalui PIC Unit Bisnis Kantor Pusat.
      3. Cabang.
    2. Menandatangani Formulir Kerjasama API BCA dan Ketentuan Fasilitas API BCA.
    3. Mengirimkan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA.
    4. Melakukan pengembangan sistem aplikasi, uji coba bersama dengan BCA, dan implementasi sesuai dengan fitur API BCA yang dipilih oleh Penerima Fasilitas.
    5. Mengikuti standardisasi teknis dan tata kelola yang diatur oleh Bank Indonesia melalui SNAP.
  5. Fasilitas API BCA dapat digunakan untuk: 
    1. Kepentingan Penerima Fasilitas, dan/atau
    2. Kepentingan Konsumen.

 

Penerima Fasilitas dapat menyampaikan pertanyaan dan pengaduan melalui: 

 

Hubungi kami melalui ...

Halo BCA 1500998
WhatsApp: +62811150099

Media Sosial

Facebook: Goodlife BCA
Instagram: @goodlifebca
YouTube: Solusi BCA
X (Twitter): @BankBCA