Temukan API BCA yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnismu.

General

API BCA adalah layanan dari BCA untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan instruksi transaksi perbankan seperti: cek saldo, cek mutasi, transfer, dan lainnya dari platform (situs/aplikasi) kamu.
Untuk informasi terkait biaya API BCA, silakan menghubungi api_support@bca.co.id atau Halo BCA Bisnis di 1500998.

Lakukan pengajuan kerja sama API BCA di sini dan apabila pengajuan disetujui, maka kamu perlu melakukan hal berikut : 
- Melakukan pengembangan layanan API sesuai Dokumen Teknis yang diberikan atau dapat akses pada halaman Dokumentasi.
- Melakukan pengujian atas layanan API yang telah dikembangkan
- Melakukan aktivasi dan implementasi agar layanan API yang telah dikembangkan dapat digunakan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait kerja sama API BCA, silakan hubungi kami melalui:
api_support@bca.co.id

Untuk mengetahui status pengajuan kerja sama API BCA, hubungi kami di sini atau via email api_support@bca.co.id dengan mencantumkan nomor referensi pengajuan kerja sama yang didapatkan saat melakukan pengajuan secara online.
Kamu dapat melakukan pengajuan kerja sama di sini, apabila membutuhkan bantuan lainnya silakan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Lakukan eksplorasi fitur - fitur API BCA di sini yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Apabila kamu tertarik menggunakan API BCA untuk diintegrasikan di platform kamu, silakan ajukan pendaftaran kerja sama API BCA di sini.
Apabila fitur - fitur API BCA yang kami tampilkan belum menjawab kebutuhan bisnismu, silakan hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut.

Kamu dapat mengakses technical documentation layanan API BCA pada halaman Dokumentasi dan segera daftarkan Registered Account untuk dapat mengakses sandbox di Website Developer API BCA

Technical

BCA menyediakan Dokumentasi API BCA yang dapat digunakan sebagai panduan teknis integrasi dengan API BCA.
API key, API secret, client ID, Client Secret, public key, dan private key merupakan sekumpulan credentials atau security key yang menjadi identitas untuk dapat mengakses API BCA. Security key dibutuhkan untuk memastikan API BCA dapat diakses oleh pihak yang berhak serta memastikan integritas data.
Tidak. Access token dapat digunakan untuk seluruh layanan API BCA yang tersedia dengan batas waktu penggunaan selama 1 jam, sedangkan untuk API BCA berbasis SNAP memiliki batas waktu penggunaan selama 15 menit.

Cara melakukan Telnet ke server developer API BCA:
1. Buka 'Command Prompt'
2. Ketik command untuk telnet (contoh untuk telnet ke environment development BCA : telnet devapi.klikbca.com 443) atau bisa disesuaikan dengan command yang sesuai dengan sistemmu.

API BCA menggunakan REST API dengan format JSON. Contoh format messaging API BCA dapat dilihat pada halaman Dokumentasi.
Bahasa pemrograman yang bisa digunakan tidak diregulasikan, sehingga kamu dapat menggunakan bahasa pemrograman yang dipreferensikan. Namun, untuk mempermudah  dalam melakukan development, BCA telah menyediakan SDK Open API Pembayaran dalam bahasa pemrograman berikut ini:
- Java
- PHP
- .NET
- Golang
- Phyton

Dapatkan SDK di atas dengan menghubungi kami melalui:
api_support@bca.co.id

API BCA Berbasis SNAP

API BCA berbasis SNAP adalah API BCA yang sudah disesuaikan dengan Standar Nasional Open API Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Penyesuaian dilakukan dari aspek tata kelola yang meliputi mekanisme kerja sama dan standar teknis yang meliputi format request dan response API.

Untuk melihat informasi technical documentation API BCA berbasis SNAP dapat dilihat pada halaman Dokumentasi

Apabila kamu tertarik menggunakan API BCA berbasis SNAP, silakan mengajukan kerja sama API BCA di sini

Public Key adalah kode yang bersifat unik yang digunakan oleh masing-masing Pihak (sebagaimana relevan) untuk proses verifikasi Signature saat mengakses fitur tertentu dari API BCA.
Public Key yang perlu disediakan adalah sebagai beriikut:
- certificate format X.509
- File extension Public Key = .pub
Untuk meng-extract Public Key dari Private Key bisa menggunakan opsi sebagai berikut:
openssl rsa -in ${PrivateKeyFileName} -pubout -out public-key.pub

Public key dan Private key hanya digunakan pada layanan API berbasis SNAP
Dapatkan dokumen standar teknis dan keamanan, standar data, dan spesifikasi teknis berbasis SNAP dengan mengakses link berikut
https://apidevportal.aspi-indonesia.or.id/
Jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait portal dev site SNAP, dapat email ke snap@aspi-indonesia.or.id
Masa berlaku access token adalah 15 menit.
Ya, perlu dilakukan generate signature menggunakan Algoritma asymmetric signature SHA256withRSA.
Informasi lebih lanjut dapat mengacu pada documentation OAuth & Signature SNAP
Kamu dapat menggunakan ClientID dan ClientSecret existing yang sudah digunakan untuk API BCA. Namun kamu perlu menyediakan public key untuk dapat bertransaksi API BCA berbasis SNAP.
API BCA berbasis SNAP tidak lagi menggunakan API key dan API secret. Namun, digantikan dengan penggunaan RSA key pair (Public Key dan Private Key)
RSA key pair akan digunakan untuk melakukan generate dan verify asymmetric signature pada saat get access token.
Private Key digunakan untuk generate signature (sisi client/user API) dan Public Key digunakan untuk verify signature (sisi server/penyedia API)

Akun Website Developer API BCA

Akun Website Developer API BCA merupakan akun pada Website Developer API BCA untuk dapat mengakses berbagai fitur yang disediakan pada Website Developer API BCA. Terdapat dua jenis akun, yaitu Registered Account dan Verified Account.
Registered Account adalah jenis akun Website Developer API BCA yang dibuat untuk dapat mengakses fitur Sandbox. Kamu dapat membuat Registered Account di sini 
Verified Account adalah akun khusus Nasabah API BCA yang telah terverifikasi untuk dapat mengakses fitur-fitur khusus pada Website Developer API BCA dalam mengelola kerja sama API BCA.
Untuk Nasabah baru akan mendapatkan Verified Account apabila kerja sama API BCA telah disetujui. Apabila kamu telah bekerja sama API BCA namun belum mendapatkan Verified Account, silakan menghubungi PIC BCA yang memproses kerja sama.

Alamat email yang didaftarkan sebagai Verified Account akan mendapatkan email aktivasi.
Jika kamu belum menerima email aktivasi, pastikan inbox tidak penuh dan cek kembali email aktivasi di folder junk/spam. 

Jika email aktivasi sudah kadaluwarsa, lakukan request permohonan pengiriman ulang email aktivasi akun ke api_support@bca.co.id dengan subject “Permohonan Kirim Ulang Email Aktivasi Verified Account. 

Sandbox

Akses Sandbox API BCA tidak dikenakan biaya apapun
Sandbox API BCA merupakan fasilitas yang dapat diakses di portal API BCA dimana kamu bisa melakukan uji coba API BCA (request dan response) menggunakan data dummy statis yang telah kami sediakan.
Login terlebih dahulu dan daftarkan aplikasimu pada menu MyApplication untuk selanjutnya mendapatkan credentials dalam mengakses Sandbox API BCA.
Pada menu MyApplication, pilih Utilities - Signature pada "Selected APIs". Kemudian masukan parameter yang dibutuhkan dan klik tombol "send request"

Signature ini hanya dapat digunakan untuk Sandbox API BCA.
Ya. Masing-masing aplikasi akan memiliki credentials yang berbeda, sehingga harus request access token untuk masing-masing aplikasi tersebut. 

Fitur Customer Testing

Fitur Customer testing merupakan fitur yang disediakan bagi nasabah API BCA untuk membantu dalam melakukan uji fungsionalitas atas layanan API BCA secara self-service.
Uji fungsionalitas dilakukan sebagai tahapan wajib yang perlu dilakukan oleh nasabah API BCA sebelum layanan API diimplementasikan atau digunakan.
- Pastikan format request telah sesuai dengan dokumentasi teknis layanan API BCA terkait.
- Pastikan kamu telah mengikuti data dan skenario pengujian yang tertera pada fitur Customer Testing.
- Apabila kamu telah mengikuti langkah di atas namun masih belum dapat memenuhi verifikasi silahkan hubungi ke email api_support@bca.co.id untuk diproses lebih lanjut.